Langsung ke konten utama

SILABUS MATERI PAI DI SMP DAN SMA

RENCANA PEMBELAJARAN SATU SEMESTER (RPSS)

Mata Kuliah
:
Materi PAI SMP dan SMA
SKS
:
2
Semester/Kelas
:
5 (Lima)
Standar Kompetensi
:
Memiliki penguasaan materi PAI di SMP-SMA
Kompetensi
:
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang materi PAI di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, sekaligus mendalami tentang materi PAI yang diajarkan di SMP dan SMA, setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai, mendalami, serta mempraktekkan dalam proses pembelajaran di SMP dan SMA.


Minggu
Ke-
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Isi dan Bentuk Pembelajaran
Presentator
Referensi
1
Memiliki penguasaan materi PAI SMP dan SMA
Bahan Ajar PAI SMP dan SMA
1.      Menyajikan makalah
2.      Presentasi
3.      Diskusi
4.      Sharing sesama mahasiswa
5.      Tanya jawab
6.      Merumuskan hasil musyawarah
-          Ali Wafa
-          Mochamad Wildan Maki
-          Moch. Naufil Islam
Ø  Abdullah, M. Amin, 2005, Pendidikan Agama Era Multikultural Multi Religius. Jakarta: PSAP Muhammadiyah
Ø  Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur Kholidah. 2009. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang. Lembaga Cakrawala Indonesia
Ø  Buku-buku al-Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI untuk MI, MTs, dan MA/MAK
Ø  Buku-buku LKS SMP maupun SMA
Ø  Buku-buku Pendidikan Agama Islam untuk SD, SMP, dan SMA.
Ø  E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Ø  E.Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2006
Ø  Mastuhu.1999. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta : Logos.
Ø  Muhaimin. 2005 (Cet. Ke II). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Ø  Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam dari Paradigma Pengembangan hingga Manajemen Kelembagaan, Kurikulum dan Strategi Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo
Ø  Muhaimin. 2011. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta. Raja Grafindo Persada
Ø  Pedoman Materi PAI di Sekolah Umum, Departemen Agama RI
Ø  Permenag No. 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI)
Ø  PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Ø  Ramayulis. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. (Cet. Ke VIII). Jakarta. Kalam Mulia
Ø  Sahrodi, Jamali dkk. 2005. Membedah Nalar Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka Rihlah Group.
Ø  Supiana, Materi Pendidikan Agama Islam, Bandung: Rosdakarya, 2006.
Ø  Tholkhah, Imam dan Ahmad Barizi. 2004. Membuka Jendela Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Ø  UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
Ø  Wahid Murni, dkk. 2012. Keterampilan Dasar Mengajar. Jogjakarta. Ar-Ruz Media
2
Memahami konsep-konsep pembelajaran PAI
Konsep PAI di Sekolah
-          Ahmad Najib
-          Muhammad Faid
-          Achmad Roziqin Fitroni
3
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar al-Qur’an Hadis
Pendalaman Mata Pelajaran al-Qur'an Hadis di SMP
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Sharing sesama mahasiswa
6.      Mendemonstrasikan
-          Ahmad Rais
-          Imam Baihaqi
4
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar al-Qur’an Hadis
Pendalaman Mata Pelajaran al-Qur'an Hadis di SMA
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Sharing sesama mahasiswa
6.      Mendemonstrasikan
-          Slamet Mulyadi
-          A. latief Himawan Ansor
5
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Akidah Akhlak
Pendalaman Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMP
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Sharing sesama mahasiswa
6.      Mendemonstrasikan
-          Nurharipin
-          Abdulloh
6
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Akidah Akhlak
Pendalaman Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMA
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Sharing sesama mahasiswa
6.      Mendemonstrasikan
-          Faiq Pakhroni
-          Abdul Aziz
7
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Fiqh
Pendalaman Mata Pelajaran Fiqh di SMP
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Sharing sesama mahasiswa
6.      Mendemonstrasikan
-          Masrofik
-          Fahmi Mukhamad
8
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Fiqh
Pendalaman Mata Pelajaran Fiqh di SMA
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Sharing sesama mahasiswa
6.      Mendemonstrasikan
-          Rifqi Mukhamad
-          Faqih Zamzani

9
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam
Pendalaman Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Sharing sesama mahasiswa
6.      Mendemonstrasikan
-          Lana fadlullah
-          Miftah Ansori
10
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam
Pendalaman Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMA
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Sharing sesama mahasiswa
6.      Mendemonstrasikan
-          Imam Atok Khoiruddin
-          Mufin Mubarok
11
Mahasiswa memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun dan mendesain perangkat pembelajaran PAI serta dapat menyajikan dan mengevaluasi dengan baik dan benar
Konsep Pengembangan dan Aplikasi Pembuatan  Silabus dan RPP PAI di SMP dan SMA
1.      Menyajikan makalah
2.      Presentasi
3.      Diskusi
4.      Sharing sesama mahasiswa
5.      Tanya jawab
6.      Merumuskan hasil musyawarah
-          M. Mukhlis
-          Khudriyanto
-          Izzudin al-Adib

PENILAIAN
Untuk menentukan kelulusan mahasiswa dalam mengikuti kuliah Penganatar Ilmu Pendidikan  ini, perlu dilakukan evaluasi secara periodik.  Jenis evaluasi dan sebaran persentase untuk setiap jenis evaluasi tersebut adalah sebagai berikut.
1.        Kehadiran                                                                                                              : 25 %
2.        Makalah dan partisipasi diskusi                                                                             : 25 %
3.        Ujian Tengah Semester                                                                                          : 25 %
4.        Ujian Akhir Semester                                                                                            : 25 %
                                                                                                                               ________  +         
                                                                                                              Jumlah     : 100%

Postingan populer dari blog ini

Silabus Materi PAI di SMP & SMA

RENCANA PEMBELAJARAN SATU SEMESTER (RPSS)
Mata Kuliah : Materi PAI SMP dan SMA SKS : 2 Semester/Kelas : 5 (Lima) Standar Kompetensi : Memiliki penguasaan materi PAI di SMP-SMA Kompetensi : Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang materi PAI di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, sekaligus mendalami tentang materi PAI yang diajarkan di SMP dan SMA, setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai, mendalami, serta mempraktekkan dalam proses pembelajaran di SMP dan SMA.

Pro dan Kontra Terkait Tafsir Ilmi

A.LATAR BELAKANG MASALAH Atas nama Allah yang maha pengasih dan penyayang. Segala puji bagi-Nya, pencipta segenap alam raya. Salam sejahtera semoga selalu terlimpahkan kepada insan mulia, nabi Muhammad saw, kepada keluarga, sahabat, serta semua pengikutnya sampai akhir masa. Suatu ketika Ibnu Mardawaih bersama Atha’ bertanya kepada Aisyah, “ya Aisyah.. Peristiwa apakah yang kiranya paling mengesankan dalam hidupmu bersama Rasulillah?” Yang ditanya tak bisa menjawab, yang ia bisa hanya menangis sedu. “Semua yang Nabi perbuat teramat mengesankan bagiku. Kalau aku harus menyebutkan yang paling berkesan adalah pada sutau malam, yakni malam disaat malam giliranku, ia tertidur berdampingan denganku. Kulitnya menyentuh kulitku. Lalu Ia berkata, “ ya Aisyah.. izinkan aku untuk beribadah kepada tuhanku”. Aku berkata, “Demi Allah, aku senang berada di sampingmu wahai Nabi, tetapi aku senang pula engkau beribadah kepada tuhanmu”. Maka Ia pergi berwudlu’, lalu berdiri melaksanakan shalat dan menangi…