Langsung ke konten utama

Silabus Materi PAI di SMP & SMA

RENCANA PEMBELAJARAN SATU SEMESTER (RPSS)

Mata Kuliah
:
Materi PAI SMP dan SMA
SKS
:
2
Semester/Kelas
:
5 (Lima)
Standar Kompetensi
:
Memiliki penguasaan materi PAI di SMP-SMA
Kompetensi
:
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang materi PAI di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, sekaligus mendalami tentang materi PAI yang diajarkan di SMP dan SMA, setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai, mendalami, serta mempraktekkan dalam proses pembelajaran di SMP dan SMA.

Minggu
Ke-
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Isi dan Bentuk Pembelajaran
Presentator
Referensi
1
Prolog & Kontrak Kuliah



Ø  Abdullah, M. Amin, 2005, Pendidikan Agama Era Multikultural Multi Religius. Jakarta: PSAP Muhammadiyah
Ø  Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur Kholidah. 2009. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang. Lembaga Cakrawala Indonesia
Ø  Buku-buku al-Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI untuk MI, MTs, dan MA/MAK
Ø  Buku-buku LKS SMP maupun SMA
Ø  Buku-buku Pendidikan Agama Islam untuk SD, SMP, dan SMA.
Ø  Mastuhu.1999. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta : Logos.
Ø  Muhaimin. 2005 (Cet. Ke II). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Ø  Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam dari Paradigma Pengembangan hingga Manajemen Kelembagaan, Kurikulum dan Strategi Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo
Ø  Muhaimin. 2011. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta. Raja Grafindo Persada
Ø  Pedoman Materi PAI di Sekolah Umum, Departemen Agama RI
Ø  Permenag No. 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI)
Ø  PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Ø  Ramayulis. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. (Cet. Ke VIII). Jakarta. Kalam Mulia
Ø  Supiana, Materi Pendidikan Agama Islam, Bandung: Rosdakarya, 2006.
Ø  Tholkhah, Imam dan Ahmad Barizi. 2004. Membuka Jendela Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo.


Ø  UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
Ø  Modul Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah. Kementerian Agama. 2010
2
Mahasiswa mampu menjelaskan Landasan PAI, Tujuan, Ruang Lingkup dan Karakteristik PAI
Orientasi Pengembangan PAI Pada Sekolah
1.  Menyajikan makalah
2.  Presentasi
3.  Diskusi

3
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang keunggulan Nilai Mata Pelajaran PAI di bandingkan Mata Pelajaran Lain dan Integrasi PAI dengan Mata pelajaran yang lain
Aktualisasi PAI Pada Sekolah
1.    Menyajikan makalah
2.    Presentasi
3.    Diskusi

4
Mahasiswa menjelaskan Problematika Pengembangan Standart Isi PAI, Problematika Pengembangan Standar Kompetensi Lulusan PAI, Problematika Pengembangan Standar Proses PAI dan Problematika Pengembangan Standar Pengelolaan PAI
Problematika PAI Pada Sekolah
1. Menyajikan makalah
2.  Presentasi
3.  Diskusi

5
Mahasiswa faham dan menjelaskan Budaya Islami Sesuai Kondisi Lingkungan Sekolah, dan Strategi Penerapan Ciri Khas Agama Islam Di Sekolah
Pengembangan Pembudayaan Agama Di Sekolah
1. Menyajikan makalah
2. Presentasi
3. Diskusi

6
Mahasiswa menguasai dan menjelaskan Porsi dan Posisi PAI Di Sekolah, Pembelajaran Berbasis Kontekstual Implementasinya Di Sekolah
Pembelajaran Berbasis Kontekstual dalam PAI Di Sekolah
1. Menyajikan makalah
2. Presentasi
3. Diskusi

7
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar al-Qur’an Hadis
Pendalaman Mata Pelajaran al-Qur'an Hadis di SMP
1. Mencari buku ajar/buku pegangan
2. Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5. Sharing sesama mahasiswa
6.      Mendemonstrasikan

8
UTS

9
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar al-Qur’an Hadis
Pendalaman Mata Pelajaran al-Qur'an Hadis di SMA
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Mendemonstrasikan


10
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Akidah Akhlak
Pendalaman Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMP
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Mendemonstrasikan

11
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Akidah Akhlak
Pendalaman Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMA
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Mendemonstrasikan

12
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Fiqh
Pendalaman Mata Pelajaran Fiqh di SMP
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Mendemonstrasikan

13
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Fiqh
Pendalaman Mata Pelajaran Fiqh di SMA
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Mendemonstrasikan

14
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam
Pendalaman Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Mendemonstrasikan

15
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam
Pendalaman Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMA
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Mendemonstrasikan

16
UAS


PENILAIAN
Untuk menentukan kelulusan mahasiswa dalam mengikuti kuliah Materi PAI di SMP & SMA ini, perlu dilakukan evaluasi secara periodik.  Jenis evaluasi dan sebaran persentase untuk setiap jenis evaluasi tersebut adalah sebagai berikut:
1.       Kehadiran                                                                                                             : 25 %
2.       Makalah dan partisipasi diskusi                                                                      : 25 %
3.       Ujian Tengah Semester                                                                                      : 25 %
4.       Ujian Akhir Semester                                                                                         : 25 %
_                                                                                                                                      _______  +         
                                                                                                                                Jumlah   : 100%

TUGAS MAHASISWA
1.     Mahasiswa sudah membaca bahan perkuliahan sebelum mengikuti kuliah.
2.     Mahasiswa diwajibkan menyusun makalah dan selanjutnya dipresentasikan.
3.   Mahasiswa yang seharusnya maju mempresentasikan tidak dapat hadir, didenda membuat makalah dengan tema yang akan ditentukan kemudian dan dipresentasikan sendiri (dapat dilakukan di kantor).
4. Makalah harus diserahkan paling lambat satu hari sebelum presentasi berupa softcopy di kirim ke email mohmansurfauzi@gmail.com
5.     Minimal wajib membawa 2 buku referensi ketika presentasi

Postingan populer dari blog ini

SILABUS MATERI PAI DI SMP DAN SMA

RENCANA PEMBELAJARAN SATU SEMESTER (RPSS)
Mata Kuliah : Materi PAI SMP dan SMA SKS : 2 Semester/Kelas : 5 (Lima) Standar Kompetensi : Memiliki penguasaan materi PAI di SMP-SMA Kompetensi : Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang materi PAI di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, sekaligus mendalami tentang materi PAI yang diajarkan di SMP dan SMA, setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai, mendalami, serta mempraktekkan dalam proses pembelajaran di SMP dan SMA.

Pro dan Kontra Terkait Tafsir Ilmi

A.LATAR BELAKANG MASALAH Atas nama Allah yang maha pengasih dan penyayang. Segala puji bagi-Nya, pencipta segenap alam raya. Salam sejahtera semoga selalu terlimpahkan kepada insan mulia, nabi Muhammad saw, kepada keluarga, sahabat, serta semua pengikutnya sampai akhir masa. Suatu ketika Ibnu Mardawaih bersama Atha’ bertanya kepada Aisyah, “ya Aisyah.. Peristiwa apakah yang kiranya paling mengesankan dalam hidupmu bersama Rasulillah?” Yang ditanya tak bisa menjawab, yang ia bisa hanya menangis sedu. “Semua yang Nabi perbuat teramat mengesankan bagiku. Kalau aku harus menyebutkan yang paling berkesan adalah pada sutau malam, yakni malam disaat malam giliranku, ia tertidur berdampingan denganku. Kulitnya menyentuh kulitku. Lalu Ia berkata, “ ya Aisyah.. izinkan aku untuk beribadah kepada tuhanku”. Aku berkata, “Demi Allah, aku senang berada di sampingmu wahai Nabi, tetapi aku senang pula engkau beribadah kepada tuhanmu”. Maka Ia pergi berwudlu’, lalu berdiri melaksanakan shalat dan menangi…