Langsung ke konten utama

Silabus Materi PAI di SMP & SMA

RENCANA PEMBELAJARAN SATU SEMESTER (RPSS)

Mata Kuliah
:
Materi PAI SMP dan SMA
SKS
:
2
Semester/Kelas
:
5 (Lima)
Standar Kompetensi
:
Memiliki penguasaan materi PAI di SMP-SMA
Kompetensi
:
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang materi PAI di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, sekaligus mendalami tentang materi PAI yang diajarkan di SMP dan SMA, setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai, mendalami, serta mempraktekkan dalam proses pembelajaran di SMP dan SMA.

Minggu
Ke-
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Isi dan Bentuk Pembelajaran
Presentator
Referensi
1
Prolog & Kontrak Kuliah



Ø  Abdullah, M. Amin, 2005, Pendidikan Agama Era Multikultural Multi Religius. Jakarta: PSAP Muhammadiyah
Ø  Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur Kholidah. 2009. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang. Lembaga Cakrawala Indonesia
Ø  Buku-buku al-Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI untuk MI, MTs, dan MA/MAK
Ø  Buku-buku LKS SMP maupun SMA
Ø  Buku-buku Pendidikan Agama Islam untuk SD, SMP, dan SMA.
Ø  Mastuhu.1999. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta : Logos.
Ø  Muhaimin. 2005 (Cet. Ke II). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Ø  Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam dari Paradigma Pengembangan hingga Manajemen Kelembagaan, Kurikulum dan Strategi Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo
Ø  Muhaimin. 2011. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta. Raja Grafindo Persada
Ø  Pedoman Materi PAI di Sekolah Umum, Departemen Agama RI
Ø  Permenag No. 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI)
Ø  PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Ø  Ramayulis. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. (Cet. Ke VIII). Jakarta. Kalam Mulia
Ø  Supiana, Materi Pendidikan Agama Islam, Bandung: Rosdakarya, 2006.
Ø  Tholkhah, Imam dan Ahmad Barizi. 2004. Membuka Jendela Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo.


Ø  UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
Ø  Modul Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah. Kementerian Agama. 2010
2
Mahasiswa mampu menjelaskan Landasan PAI, Tujuan, Ruang Lingkup dan Karakteristik PAI
Orientasi Pengembangan PAI Pada Sekolah
1.  Menyajikan makalah
2.  Presentasi
3.  Diskusi

3
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang keunggulan Nilai Mata Pelajaran PAI di bandingkan Mata Pelajaran Lain dan Integrasi PAI dengan Mata pelajaran yang lain
Aktualisasi PAI Pada Sekolah
1.    Menyajikan makalah
2.    Presentasi
3.    Diskusi

4
Mahasiswa menjelaskan Problematika Pengembangan Standart Isi PAI, Problematika Pengembangan Standar Kompetensi Lulusan PAI, Problematika Pengembangan Standar Proses PAI dan Problematika Pengembangan Standar Pengelolaan PAI
Problematika PAI Pada Sekolah
1. Menyajikan makalah
2.  Presentasi
3.  Diskusi

5
Mahasiswa faham dan menjelaskan Budaya Islami Sesuai Kondisi Lingkungan Sekolah, dan Strategi Penerapan Ciri Khas Agama Islam Di Sekolah
Pengembangan Pembudayaan Agama Di Sekolah
1. Menyajikan makalah
2. Presentasi
3. Diskusi

6
Mahasiswa menguasai dan menjelaskan Porsi dan Posisi PAI Di Sekolah, Pembelajaran Berbasis Kontekstual Implementasinya Di Sekolah
Pembelajaran Berbasis Kontekstual dalam PAI Di Sekolah
1. Menyajikan makalah
2. Presentasi
3. Diskusi

7
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar al-Qur’an Hadis
Pendalaman Mata Pelajaran al-Qur'an Hadis di SMP
1. Mencari buku ajar/buku pegangan
2. Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5. Sharing sesama mahasiswa
6.      Mendemonstrasikan

8
UTS

9
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar al-Qur’an Hadis
Pendalaman Mata Pelajaran al-Qur'an Hadis di SMA
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Mendemonstrasikan


10
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Akidah Akhlak
Pendalaman Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMP
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Mendemonstrasikan

11
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Akidah Akhlak
Pendalaman Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMA
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Mendemonstrasikan

12
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Fiqh
Pendalaman Mata Pelajaran Fiqh di SMP
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Mendemonstrasikan

13
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Fiqh
Pendalaman Mata Pelajaran Fiqh di SMA
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Mendemonstrasikan

14
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam
Pendalaman Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Mendemonstrasikan

15
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam
Pendalaman Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMA
1.      Mencari buku ajar/buku pegangan
2.      Menyajikan powerpoint
3.      Presentasi
4.      Diskusi
5.      Mendemonstrasikan

16
UAS


PENILAIAN
Untuk menentukan kelulusan mahasiswa dalam mengikuti kuliah Materi PAI di SMP & SMA ini, perlu dilakukan evaluasi secara periodik.  Jenis evaluasi dan sebaran persentase untuk setiap jenis evaluasi tersebut adalah sebagai berikut:
1.       Kehadiran                                                                                                             : 25 %
2.       Makalah dan partisipasi diskusi                                                                      : 25 %
3.       Ujian Tengah Semester                                                                                      : 25 %
4.       Ujian Akhir Semester                                                                                         : 25 %
_                                                                                                                                      _______  +         
                                                                                                                                Jumlah   : 100%

TUGAS MAHASISWA
1.     Mahasiswa sudah membaca bahan perkuliahan sebelum mengikuti kuliah.
2.     Mahasiswa diwajibkan menyusun makalah dan selanjutnya dipresentasikan.
3.   Mahasiswa yang seharusnya maju mempresentasikan tidak dapat hadir, didenda membuat makalah dengan tema yang akan ditentukan kemudian dan dipresentasikan sendiri (dapat dilakukan di kantor).
4. Makalah harus diserahkan paling lambat satu hari sebelum presentasi berupa softcopy di kirim ke email mohmansurfauzi@gmail.com
5.     Minimal wajib membawa 2 buku referensi ketika presentasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SILABUS MATERI PAI DI SMP DAN SMA

RENCANA PEMBELAJARAN SATU SEMESTER (RPSS)
Mata Kuliah : Materi PAI SMP dan SMA SKS : 2 Semester/Kelas : 5 (Lima) Standar Kompetensi : Memiliki penguasaan materi PAI di SMP-SMA Kompetensi : Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang materi PAI di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, sekaligus mendalami tentang materi PAI yang diajarkan di SMP dan SMA, setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai, mendalami, serta mempraktekkan dalam proses pembelajaran di SMP dan SMA.

TASAWUF (MISTISISME)

BAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang Masalah Tasawuf adalah nama lain dari mistisisme dalam Islam. Di kalangan orientalis barat dikenal dengan sebutan sufisme, yang merupakan istilah khusus mistisisme Islam. Sehingga kata sufisme tidak ada pada mistisisme agama-agama lain. Tasawuf atau mistisisme dalam Islam ber-esensi pada hidup dan berkembang mulai dari bentuk hidup kezuhudan, dalam bentuk tasawuf amali, kemudian tasawuf falsafi. Tasawuf adalah aspek ajaran Islam yang paling penting, karena peranan tasawuf merupakan kunci kesempurnaan amaliah ajaran Islam. Memang di samping aspek tasawuf, dalam Islam ada aspek lain yaitu akidah dan syariah, atau dengan kata lain yang dimaksud dengan agama adalah terdiri dari Islam, iman dan ihsan, dimana ketiga aspek tersebut merupakan kesatuan. Untuk mengetahui hukum Islam kita harus lari kepada syariah/fiqih, untuk mengetahui rukun iman kita harus lari pada ushuludin/akidah dan untuk mengetahui kesempurnaan ihsan kita masuk kedalam tasawuf. Oleh karena …

MEMBANGUN UKHUWAH DAN ISLAH MELALUI PAI DI SEKOLAH

BAB I PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Pendidikan di Indonesia yang sudah berjalan sekian puluh tahun sejak kemerdekaannya disadari lebih menekankan pada dimensi kognitif mencetak manusia-manusia cerdas, terampil, dan mahir telah berpotensi melahirkan manusia yang berkepribadian pecah (split personality) dan integritas (split integrity).  Tidak mengherankan apabila kebohongan, manipulasi, korupi, serakah, kolusi, nepotisme, kerusuhan antar etnis, pembunuhan dan sederetan peristiwa lainnya selalu mewarnai berita di negara ini.  Dimensi-dimensi lain seperti afektif dan psikomotorik gagal diimplementasikan dalam sistem pendidikan sebagai ciri profesional yang mengintegrasikan antara intelektual, moral, spiritual tidak tercermin pada para lulusannya. Krisis identitas mewarnai individu-individu yang terlahir dari dunia pendidikan dan cenderung tidak percaya diri untuk menjadi dirinya sendiri. Masifikasi gelombang modernitas telah membawa siapapun termasuk dunia pendidikan untuk hanyut mengikuti m…