Langsung ke konten utama

RPS Materi PAI SMP dan SMA - PAI

NAMA PERGURUAN TINGGI
NAMA FAKULTAS
NAMA PRODI
: Tarbiyah
: Pendidikan Agama Islam (PAI)
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH
KODE
Rumpun MK
Bobot (sks)
SEMESTER
Tgl Penyusunan
Materi PAI SMP dan SMA
MPB056
-
3
5
07 September 2017
OTORITAS




Dosen Pengembang RPS
Koordinator Rumpun MK
Ka.Prodi












Capaian
Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI

S2
S7
KU1

 KU3


 KK1
KK2
P1
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata  cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Mampu menerapkan ilmu hukum dengan memanfaatkan IPTEKS untuk menghasilkan keputusan yang berkepastian hukum, berkeadilan dan bermanfaat bagi masyarakat
Mampu memberikan nasihat hukum melalui konsultasi dan bantuan hukum kepada masyarakat.
Menguasai dan memahami hakekat Tuhan, manusia dan kehidupan sesuai dengan tuntutan Al-Qur’an dan hadist serta ilmu pengetahuan 
CP-MK

M1
M2
M3
M4
M5
M6
M7
M8
M9
M10
M11
M12
M13
M14
Mahasiswa dapat Memahami Orientasi Pengembangan PAI Pada Sekolah
Mahasiswa dapat Menguasai Aktualisasi PAI pada Sekolah
Mahasiswa dapat Menjelaskan Guru PAI dalam Perspektif Islam
Mahasiswa dapat Menjelaskan Eksistensi dan Urgensi Pendidikan Islam
Mahasiswa dapat Memahami Problematika PAI pada Sekolah 1
Mahasiswa dapat Menganalisa Problematika PAI pada Sekolah 2
Mahasiswa dapat Memahami Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PAI
Mahasiswa dapat Menjelaskan Problematika dan Strategi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PAI
Mahasiswa dapat Menguasai Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru PAI
Mahasiswa dapat Menjelaskan Upaya Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru PAI
Mahasiswa dapat Menjelaskan Pengembangan Kompetensi Leadership Guru PAI
Mahasiswa dapat Menjelaskan Pengembangan Pembudayaan Agama (Religious Culture) di Sekolah 1
Mahasiswa dapat Memahami Pengembangan Pembudayaan Agama (Religious Culture) di Sekolah 2
Mahasiswa dapat Menganalisa Pengembangan PAI Standar Model pada Sekolah

Deskripsi Singkat MK
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang materi PAI di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, sekaligus mendalami tentang materi PAI yang diajarkan di SMP dan SMA, setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai, mendalami, serta mempraktekkan dalam proses pembelajaran di SMP dan SMA
Materi
Pembelajaran/
Pokok Bahasan
Orientasi Pengembangan PAI Pada Sekolah, Landasan PAI, Tujuan PAI, Ruang Lingkup PAI dan Karakteristik PAI. Aktualisasi PAI pada Sekolah, Visi, Misi, Tujuan dan Program Sekolah, Keikutsertaan Sekolah dalam Menggapai Prestasi PAI, Keunggulan Nilai Mata Pelajaran PAI dibandingkan dengan Mata Pelajaran yang Lain dan Integrasi Keilmuan PAI dengan Mata Pelajaran Lainnya. Guru PAI dalam Perspektif Islam. Kedudukan Guru PAI dalam Perspektif Islam, Kode Etik Profesi Guru dalam Perspektif Islam dan Integralitas Konsep Iman, Islam dan Ihsan sebagai Manifestasi Kepribadian Utuh Guru PAI. Eksistensi dan Urgensi Pendidikan Islam, Orientasi PAI dalam Pembentukan Karakter, Posisi PAI dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Substansi PAI dalam Ilmu Pengetahuan, teknologi dan Seni. Problematika PAI pada Sekolah 1, Problematika Pengembangan Standar Isi PAI, Problematika Pengembangan Standar Kompetensi Lulusan PAI, Problematika Pengembangan Standar Proses PAI dan Problematika Pengembangan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAI. Problematika PAI pada Sekolah 2, Problematika Pengembangan Standar Sarana Prasarana PAI, Problematika Pengembangan Standar Pembiayaan PAI, Problematika Pengembangan Standar Penilaian PAI dan Problematika Kesejahteraan Guru PAI. Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PAI, Pengertian Kompetensi Profesional Guru PAI, Penguasaan Materi, Struktur, Konsep dan Pola Pikir Keilmuan yang Mendukung Mata Pelajaran PAI dan Pengembangan PAI dalam Kurikulum melalui Muatan Lokal. Problematika dan Strategi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PAI, Problematika Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PAI dan Strategi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PAI. Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru PAI, Pengertian Kompetensi Pedagogik Guru PAI, Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran PAI dan Pemanfaatan dan Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAI. Upaya Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru PAI, Pengembangan Diri Melalui Keikutsertaan dalam Berbagai Pelatihan, Lokakarya dan Seminar dan Pengembangan Potensi Pedagogik Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Pengembangan Kompetensi Leadership Guru PAI, Kompetensi Leadership Guru PAI dan Problematika Kompetensi Leadership Guru PAI. Pengembangan Pembudayaan Agama (Religious Culture) di Sekolah 1, Pengertian Pembudayaan Nilai-nilai Agama pada Sekolah, Pengembangan Sistem Proses Pembudayaan Nilai-nilai Agama pada Sekolah dan Pengembangan Budaya Islami dalam Manajemen Sekolah. Pengembangan Pembudayaan Agama (Religious Culture) di Sekolah 2, Pengembangan Budaya Islami dalam Pengembangan Simbol-simbol Sesuai Kondisi Lingkungan Sekolah, Strategi Penerapan Ciri Khas Agama Islam di Sekolah dan Peran dan Fungsi Guru PAI dalam Pembudayaan Agama di Sekolah. Pengembangan PAI Standar Model pada Sekolah, Makna PAI Standar Model, Landasan Yuridis PAI Standar Model dan Tipikal PAI Standar Model dan Upaya Pengembangan PAI PAI Standar Model pada Sekolah
Pustaka
Utama:
1.     Kementerian Agama RI. Modul Pengembangan Pendidikan Agama Islam. 2010. Jakarta.
2.     Muhaimin. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. 2011. Jakarta. Raja Grafindo Persada
3.     Fadillah. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. 2014. Yogyakarta. Ar-ruz Media
Pendukung:
1.     Muhaimin. Rekonstruksi Pendidikan Islam dari Paradigma Pengembangan hingga Manajemen Kelembagaan, Kurikulum dan Strategi Pembelajaran. 2009. Jakarta. Raja Grafindo
2.     Lif Khoiru Ahmadi dan Sofan Amri. Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. 2014. Jakarta. Prestasi Pustaka
3.     M. Saekhan Muchith. Pembelajaran Kontekstual. 2008. Semarang. RaSAIL Media Group
Media Pembelajaran
Perangkat lunak (software)
Perangkat keras (hardware)

Power Point
Laptop, Lcd/proyektor, In Focus dan White Board
Team Teaching:
-
Mata Kuliah Prasyarat
-

Mg ke-
Sub-CPMK
(sebagai kemampuan akhir yang diharapkan)
Indikator
Kriteria & Bentuk Perilaku
Metode Pembelajaran
Materi Pembelajaran
Bobot Penilaian (%)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1
Mahasiswa dapat Memahami Orientasi Pengembangan PAI pada Sekolah
Kejelasan dan pemahaman
Kriteria: Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk non-test:
• Tulisan makalah
• Presentasi
• Diskusi
Ceramah & Diskusi, (TM: 1x (2x50’)
Tugas: Membuat makalah tentang mata kuliah Materi PAI di SMP dan SMA
Orientasi Pengembangan PAI pada Sekolah
a.   Landasan PAI
b.   Tujuan PAI
c.   Ruang Lingkup PAI
d.   Karakteristik PAI
10
2
Mahasiswa dapat Menguasai Aktualisasi PAI pada Sekolah
Kejelasan dan pemahaman
Kriteria: Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk non-test:
• Tulisan makalah
• Presentasi
• Diskusi
Ceramah & Diskusi, (TM: 1x (2x50’)
Tugas: Membuat makalah tentang mata kuliah Materi PAI di SMP dan SMA
Aktualisasi PAI pada Sekolah
a.   Visi, Misi, Tujuan dan Program Sekolah
b.   Keikutsertaan Sekolah dalam Menggapai Prestasi PAI
c.   Keunggulan Nilai Mata Pelajaran PAI dibandingkan dengan Mata Pelajaran yang Lain
d.   Integrasi Keilmuan PAI dengan Mata Pelajaran Lainnya
14,2
3
Mahasiswa dapat Menjelaskan Guru PAI dalam Perspektif Islam
Kejelasan dan pemahaman
Kriteria: Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk non-test:
• Tulisan makalah
• Presentasi
• Diskusi
Ceramah & Diskusi, (TM: 1x (2x50’)
Tugas: Membuat makalah tentang mata kuliah Materi PAI di SMP dan SMA
Guru PAI dalam Perspektif Islam
a.   Kedudukan Guru PAI dalam Perspektif Islam
b.   Kode Etik Profesi Guru dalam Perspektif Islam
c.   Integralitas Konsep Iman, Islam dan Ihsan sebagai Manifestasi Kepribadian Utuh Guru PAI
7,1
4
Mahasiswa dapat Menjelaskan Eksistensi dan Urgensi Pendidikan Islam
Kejelasan dan pemahaman
Kriteria: Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk non-test:
• Tulisan makalah
• Presentasi
• Diskusi
Ceramah & Diskusi, (TM: 1x (2x50’)
Tugas: Membuat makalah tentang mata kuliah Materi PAI di SMP dan SMA
Eksistensi dan Urgensi Pendidikan Islam
a.     Orientasi PAI dalam Pembentukan Karakter
b.     Posisi PAI dalam Sistem Pendidikan Nasional
c.     Substansi PAI dalam Ilmu Pengetahuan, teknologi dan Seni
7,1
5
Mahasiswa dapat Memahami Problematika PAI pada Sekolah 1
Kejelasan dan pemahaman
Kriteria: Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk non-test:
• Tulisan makalah
• Presentasi
• Diskusi
Ceramah & Diskusi, (TM: 1x (2x50’)
Tugas: Membuat makalah tentang mata kuliah Materi PAI di SMP dan SMA
Problematika PAI pada Sekolah 1
a.   Problematika Pengembangan Standar Isi PAI
b.   Problematika Pengembangan Standar Kompetensi Lulusan PAI
c.   Problematika Pengembangan Standar Proses PAI
d.   Problematika Pengembangan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAI
7,1
6
Mahasiswa dapat Menganalisa Problematika PAI pada Sekolah 2
Kejelasan dan pemahaman
Kriteria: Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk non-test:
• Tulisan makalah
• Presentasi
• Diskusi
Ceramah & Diskusi, (TM: 1x (2x50’)
Tugas: Membuat makalah tentang mata kuliah PAI di SMP dan SMA
Problematika PAI pada Sekolah 2
a.     Problematika Pengembangan Standar Sarana Prasarana PAI
b.     Problematika Pengembangan Standar Pembiayaan PAI
c.     Problematika Pengembangan Standar Penilaian PAI
d.     Problematika Kesejahteraan Guru PAI
7,1
7
Mahasiswa dapat Memahami Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PAI
Kejelasan dan pemahaman
Kriteria: Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk non-test:
• Tulisan makalah
• Presentasi
• Diskusi
Ceramah & Diskusi, (TM: 1x (2x50’)
Tugas: Membuat makalah tentang mata kuliah PAI di SMP dan SMA
Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PAI
a.     Pengertian Kompetensi Profesional Guru PAI
b.     Penguasaan Materi, Struktur, Konsep dan Pola Pikir Keilmuan yang Mendukung Mata Pelajaran PAI
c.     Pengembangan PAI dalam Kurikulum melalui Muatan Lokal
7,1
8
Evaluasi Tengah Semester; melakukan validasi hasil penelitian, evaluasi dan perbaikan preoses pembelajaran berikutnya
9
Mahasiswa dapat Menjelaskan Problematika dan Strategi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PAI
Kejelasan dan pemahaman
Kriteria: Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk non-test:
• Tulisan makalah
• Presentasi
• Diskusi
Ceramah & Diskusi, (TM: 1x (2x50’)
Tugas: Membuat makalah tentang mata kuliah PAI di SMP dan SMA
Problematika dan Strategi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PAI
a.   Problematika Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PAI
b.   Strategi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PAI
7,1
10
Mahasiswa dapat Menguasai Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru PAI
Kejelasan dan pemahaman
Kriteria: Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk non-test:
• Tulisan makalah
• Presentasi
• Diskusi
Ceramah & Diskusi, (TM: 1x (2x50’)
Tugas: Membuat makalah tentang mata kuliah PAI di SMP dan SMA
Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru PAI
a.     Pengertian Kompetensi Pedagogik Guru PAI
b.     Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran PAI
c.     Pemanfaatan dan Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAI
7,1
11
Mahasiswa dapat Menjelaskan Upaya Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru PAI
Kejelasan dan pemahaman
Kriteria: Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk non-test:
• Power point
• Presentasi
• Diskusi
Ceramah & Diskusi, (TM: 1x (2x50’)
Tugas: Membuat makalah tentang mata kuliah PAI di SMP dan SMA
Upaya Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru PAI
a.   Pengembangan Diri Melalui Keikutsertaan dalam Berbagai Pelatihan, Lokakarya dan Seminar
b.   Pengembangan Potensi Pedagogik Melalui Penelitian Tindakan Kelas
7,1
12
Mahasiswa dapat Menjelaskan Pengembangan Kompetensi Leadership Guru PAI
Kejelasan dan pemahaman
Kriteria: Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk non-test:
• Power point
• Presentasi
• Diskusi
Ceramah & Diskusi, (TM: 1x (2x50’)
Tugas: Membuat makalah tentang mata kuliah PAI di SMP dan SMA
Pengembangan Kompetensi Leadership Guru PAI
a.   Kompetensi Leadership Guru PAI
b.   Problematika Kompetensi Leadership Guru PAI
7,1
13
Mahasiswa dapat Menjelaskan Pengembangan Pembudayaan Agama (Religious Culture) di Sekolah 1
Kejelasan dan pemahaman
Kriteria: Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk non-test:
• Power point
• Presentasi
• Diskusi
Ceramah & Diskusi, (TM: 1x (2x50’)
Tugas: Membuat makalah tentang mata kuliah PAI di SMP dan SMA
Pengembangan Pembudayaan Agama (Religious Culture) di Sekolah 1
a.   Pengertian Pembudayaan Nilai-nilai Agama pada Sekolah
b.   Pengembangan Sistem Proses Pembudayaan Nilai-nilai Agama pada Sekolah
c.   Pengembangan Budaya Islami dalam Manajemen Sekolah
7,1
14
Mahasiswa dapat Memahami Pengembangan Pembudayaan Agama (Religious Culture) di Sekolah 2
Kejelasan dan pemahaman
Kriteria: Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk non-test:
• Power point
• Presentasi
• Diskusi
Ceramah & Diskusi, (TM: 1x (2x50’)
Tugas: Membuat makalah tentang mata kuliah PAI di SMP dan SMA
Pengembangan Pembudayaan Agama (Religious Culture) di Sekolah 2
a.   Pengembangan Budaya Islami dalam Pengembangan Simbol-simbol Sesuai Kondisi Lingkungan Sekolah
b.   Strategi Penerapan Ciri Khas Agama Islam di Sekolah
c.   Peran dan Fungsi Guru PAI dalam Pembudayaan Agama di Sekolah
7,1
15
Mahasiswa dapat Menganalisa Pengembangan PAI Standar Model pada Sekolah
Kejelasan dan pemahaman
Kriteria: Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk non-test:
• Power point
• Presentasi
• Diskusi
Ceramah & Diskusi, (TM: 1x (2x50’)
Tugas: Membuat makalah tentang mata kuliah PAI di SMP dan SMA
Pengembangan PAI Standar Model pada Sekolah
a.   Makna PAI Standar Model
b.   Landasan Yuridis PAI Standar Model
c.   Tipikal PAI Standar Model
d.   Upaya Pengembangan PAI PAI Standar Model pada Sekolah
7,1
16
Evaluasi Akhir Semester : Melakukan Validasi penilaian akhir dan menentukan kelulusan mahasiswa


CATATAN :
1) TM : TATAP MUKA, BT: BELAJAR TERSTRUKTUR, BM: BELAJAR MANDIRI
2) (TM:1x(2x50’)) DIBACA : KULIAH TATAP MUKA 1 KALI (MINGGU)X 2 SKS X 50 MENIT = 200 MENIT (3,33 JAM)
3) (BT+BM:(1+1)x2x60’)) Dibaca : belajar terstrukur 1 kali (minggu) dan belAjar mandiri 1 kali (minggu) x 2 sks x 60 menit = 480 menit (8 jam).
4) RPS: Rencana Pembelajaran Semester, RMK : Rumpun Mata Kuliah, PRODI: Program Studi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SILABUS MATERI PAI DI SMP DAN SMA

RENCANA PEMBELAJARAN SATU SEMESTER (RPSS)
Mata Kuliah : Materi PAI SMP dan SMA SKS : 2 Semester/Kelas : 5 (Lima) Standar Kompetensi : Memiliki penguasaan materi PAI di SMP-SMA Kompetensi : Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang materi PAI di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, sekaligus mendalami tentang materi PAI yang diajarkan di SMP dan SMA, setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai, mendalami, serta mempraktekkan dalam proses pembelajaran di SMP dan SMA.

TASAWUF (MISTISISME)

BAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang Masalah Tasawuf adalah nama lain dari mistisisme dalam Islam. Di kalangan orientalis barat dikenal dengan sebutan sufisme, yang merupakan istilah khusus mistisisme Islam. Sehingga kata sufisme tidak ada pada mistisisme agama-agama lain. Tasawuf atau mistisisme dalam Islam ber-esensi pada hidup dan berkembang mulai dari bentuk hidup kezuhudan, dalam bentuk tasawuf amali, kemudian tasawuf falsafi. Tasawuf adalah aspek ajaran Islam yang paling penting, karena peranan tasawuf merupakan kunci kesempurnaan amaliah ajaran Islam. Memang di samping aspek tasawuf, dalam Islam ada aspek lain yaitu akidah dan syariah, atau dengan kata lain yang dimaksud dengan agama adalah terdiri dari Islam, iman dan ihsan, dimana ketiga aspek tersebut merupakan kesatuan. Untuk mengetahui hukum Islam kita harus lari kepada syariah/fiqih, untuk mengetahui rukun iman kita harus lari pada ushuludin/akidah dan untuk mengetahui kesempurnaan ihsan kita masuk kedalam tasawuf. Oleh karena …

MEMBANGUN UKHUWAH DAN ISLAH MELALUI PAI DI SEKOLAH

BAB I PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Pendidikan di Indonesia yang sudah berjalan sekian puluh tahun sejak kemerdekaannya disadari lebih menekankan pada dimensi kognitif mencetak manusia-manusia cerdas, terampil, dan mahir telah berpotensi melahirkan manusia yang berkepribadian pecah (split personality) dan integritas (split integrity).  Tidak mengherankan apabila kebohongan, manipulasi, korupi, serakah, kolusi, nepotisme, kerusuhan antar etnis, pembunuhan dan sederetan peristiwa lainnya selalu mewarnai berita di negara ini.  Dimensi-dimensi lain seperti afektif dan psikomotorik gagal diimplementasikan dalam sistem pendidikan sebagai ciri profesional yang mengintegrasikan antara intelektual, moral, spiritual tidak tercermin pada para lulusannya. Krisis identitas mewarnai individu-individu yang terlahir dari dunia pendidikan dan cenderung tidak percaya diri untuk menjadi dirinya sendiri. Masifikasi gelombang modernitas telah membawa siapapun termasuk dunia pendidikan untuk hanyut mengikuti m…